Selasa, 11 Oktober 2011

Rangkaian Pengganti dan Gerbang Logika

Perancangan Rangkaian
Dalam perancangan rangkaian logika, penyederhanaan rangkaian dilakukan untuk penghematan ruang kerja dan biaya.Penyederhanaan dapat dilakukan dengan banyak metode, diantaranya K- MAP dan aljabar Boolean.

  • Metode K-Map
Karnaugh Map (disingkat K-map) adalah sebuah peralatan grafis yang digunakan untuk menyederhanakan persamaan logika atau mengkonversikan sebuah Tabel Kebenaran menjadi sebuah rangkaian Logika.
Blok diagram sebuah K-map seperti gambar di bawah ini. AB dan C adalah variabel input, output-output berupa minterm-minterm bernilai 1 diisikan pada sel K-map.Jumlah sel K-map adalah 2 jumlah variabel input.







F = . . .


  • Aljabar Boolean
Penyederhanaan dengan aljabar Boolean dilakukan berdasarkan hukum Aljabar Boolean.Berikut adalah Hukum Aljabar Boolean :
Hukum Aljabar Boolean
Hukum Kommutatif
Hukum Assosiatif
Hukum Distributif








Hukum De Morgan
Hukum Penyerapan








Rangkaian pengganti
Sistem ini dilakukan ini dilakukan karena adanya keterbatasan bahan.Tidak semua IC tersedia di pasaran. Jadi kita dapat memanfaatkan gerbang-gerbang logika yang ada untuk membentuk gerbang yang lainnya. Sebagai contoh gerbang NOR dapat dibuat dari gerbang OR yang outputnya diberi gerbang NOT.

Gerbang Logika Dasar
Setiap gerbang logika dasar memiliki tabel kebenaran tersendiri yang memberikan karakteristik tertentu. Pada dasarnya hanya terdapat tiga gerbang logika dasar, yaitu gerbang AND, OR, dan NOT.Dari ketiga gerbang tersebutlah dikembangkan menjadi gerbang NAND, NOR, XOR, dan XAND.
Gerbang Logika



























Silahkan di share dengan menuliskan sumbernya..
Created by: Rifqi Arridho Abid

0 komentar :

Posting Komentar